04 August 2009

Abon Ikan

Abon ikan merupakan makanan kering yang terbuat dari suiran-suiran daging dan bumbu-bumbu. Pembuatannya tidak sulit dan tidak mahal.
Ikan direbus atau dikukus, kemudian dihancurkan, dicampur dengan bumbu dan digoreng sampai matang menjadi abon. Abon adalah hasil olahan yang berwujud gumpalan-gumpalan serat daging yang halus dan kering. Pembuatan abon merupakan salah satu cara memperpanjang masa simpan daging. Kadar air abon yang jauh lebih rendah dibandingkan daging segar akan membuat mikroba sukar tumbuh berkembang biak.
Produk olahan ini sudah dikenal oleh orang banyak dan umumnya diolah dari daging sapi, oleh sebab itu abon sapi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Pembuatan abon merupakan salah satu alternatif pengolahan ikan, untuk mengantisipasi kelimpahan produksi ataupun untuk penganekaragaman produk perikanan. Pengolahan abon merupakan pengeringan bahan baku yang telah ditambahkan bumbu- bumbu untuk meningkatkan cita rasa dan memperpanjang masa simpan. Jenis ikan yang dibuat sebagai bahan baku abon belum selektif, bahkan hampir semua jenis ikan dapat dijadikan abon. Namun demikian, akan lebih baik apabila dipilih jenis ikan yang mempunyai serat yang kasar dan ikan tersebut tidak mengandung banyak duri seperti dari ikan jenis Scombroidea.
Pembuatan abon ikan merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah hasil perikanan yang banyak terbuang sia-sia. Beberapa keuntungan yang diperoleh dari pembuatan abon ikan antara lain adalah proses pembuatannya mudah, rasanya enak, dan dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan. Pembuatan abon ikan dapat dilakukan dalam skala kecil, sedang, besar.

No comments:

Post a Comment

Untuk kasih saran atau komentar GRATIS...