09 September 2009

Batik Indonesia Warisan Budaya Dunia

Beberapa waktu lalu saya baca di koran dan melalui email teman dikabarkan bahwa Batik Indonesia akan menjadi warisan budaya dunia. Sungguh merupakan kebanggaan bagi kita bangsa Indonesia. Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Urusan Kebudayaan akhirnya mengakui batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Rencananya akhir bulan ini UNESCO akan meresmikan pengakuannya atas batik di Abu Dhabi.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Abu Rizal Bakrie usai rapat terbatas di Istana Bogor Senin (07/09/09) kemarin menjelaskan, Badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang mengurusi kebudayaan UNESCO telah mengakui batik sebagai warisan budaya manusia yang berasal dari Indonesia. Dan rencananya akan diresmikan pada 29 September hingga 2 Oktober 2009 dalam pertemuan UNESCO di Abu Dhabi.

Pengakuan ini diberikan UNESCO dengan melihat berbagai upaya yang dilakukan oleh Indonesia, terutama karena penilaian terhadap keragaman motif batik yang penuh makna filosofi mendalam. Disamping itu, pemerintah dan rakyat Indonesia juga dinilai telah melakukan berbagai langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya ini secara turun temurun.

No comments:

Post a Comment

Untuk kasih saran atau komentar GRATIS...